Gambar Salinan Asli Naskah Ilmuwan

Posted by on Sunday, February 14, 2010

Naskah berisi kisah dari abad 18 tentang jatuhnya buah apel yang akhirnya membantu Isaac Newton mengembangkan teori gravitasi telah dimuat dalam situs web. Untuk pertama kalinya, naskah asli yang telah rapuh itu dipindai sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Kisah Newton dengan buah apel memang telah menjadi anekdot favofit para ilmuwan. Britain's Royal Society menyatakan dokumen itu akan dapat dilihat secara daring. Pustakawan dari Royal Society, Keith Moore, mengatakan kisah apel itu telah banyak berguna dalam ilustrasi penelitian modern, penggambaran yang mengacu pada sistem tata surya, dan bahkan referensi pada Injil. Ketika Newton menggambarkan proses pengamatan terhadap apel yang jatuh dan menduga-duga prinsip di balik hal tersebut, "Ia mengungkapkan metode ilmiahnya," kata Moore.


"Bentuk apel itu juga melambangkan planet, karena bulat. Selain itu, jatuhnya apel dari pohon juga menggambarkan kisah Adam dan Hawa. Karena Newton adalah pria religius, ia pun akan makin meyakini hal itu," ujarnya. Hal itu terjadi pada pertengahan 1660-an saat Newton kembali ke keluarganya di Inggris utara setelah sekolahnya, University of Cambridge, ditutup karena terkena wabah penyakit. Naskah milik Royal Society itu ditulis oleh William Stukeley yang seumur dengan Newton. Ia menulis naskah itu berdasarkan cerita Newton pada suatu sore di musim semi di 1726. Saat itu, mereka sedang menikmati teh sambil bercerita di bawah bayangan sebuah pohon apel. "Ia berkata kepadaku, sebelumnya ia pernah berada dalam situasi yang sama. Ketika hal itu terjadi, pemahaman mengenai gravitasi datang ke pikirannya," tulis Stukeley.

"Saat apel itu jatuh, ia berpikir, kenapa apel selalu jatuh turun tegak lurus ke tanah. Ia pun bertanya-tanya mengapa tidak jatuh berbelok ke samping atau ke atas, tapi langsung turun ke bumi. Ia berpikir hal itu karena bumi menarik apel itu. Maka bumi memiliki kekuatan untuk menarik benda," ujarnya. Kisah Stukeley turut mendukung catatan ilmuan pesaing Newton dari abad ke-17, Robert Hooke, yang dimuat di situs web Royal Society. Royal Society adalah sebuah sekolah tinggi bagi ilmuwan yang didirikan pada 1660 untuk mengumpulkan, mendiskusikan, dan menyebarkan pengetahuan ilmiah.

"Memoir of Isaac Newton".. naskah tsb ditulis oleh William Stukeley yang seumur dengan Newton. Ia menulis naskah itu berdasarkan cerita Newton pada suatu sore di musim semi di 1726. Saat itu, mereka sedang menikmati teh sambil bercerita di bawah bayangan sebuah pohon apel. "Ia berkata kepadaku, sebelumnya ia pernah berada dalam situasi yang sama. Ketika hal itu terjadi, pemahaman mengenai gravitasi datang ke pikirannya," tulis Stukeley.

sumber: http://bukucatatan-part1.blogspot.com/2010/02/gambar-salinan-asli-naskah-ilmuwan.html

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free